Kamis, 30 Maret 2017

Kunjungan Kerja HMP Teknik Informatika 2017

Seiring pesatnya perkembangan teknologi, dunia pendidikan dituntut untuk lebih menyongsong ke arah era globalisasi. Melihat fakta yang terjadi di lapangan kerja inilah yang menyebabkan pengurus HMP TF mengadakan kunjungan kerja. Mahasiswa memerlukan  pandangan langsung tentang bagaimana dunia lapangan kerja yang sesungguhnya. Karena banyaknya lapangan kerja yang membutuhkan tenaga kerja dengan berbagai keahlian dan terkadang mata kuliah yang diajarkan di dalam  kelas terasa kurang cukup. Maka untuk menyeimbangkan mata kuliah  yang telah diajarkan, Mahasiswa perlu terjun langsung ke lapangan untuk melihat secara langsung penggunaan dan penerapan teknologi informasi di dalam dunia pekerjaan dan perindustrian.


Acara yang bertema "Menggali Potensi dalam Dunia Kerja" ini berlangsung pada hari Kamis tanggal 9 Maret 2017. Pada kesempatan ini HMP TF berkunjung ke PT. Gameloft Indonesia yang beralamat di Jl. HOS Cokroaminoto No. 73, Yogyakarta. Di Gameloft kami belajar bagaimana proses game dibuat hingga game siap diluncurkan. Dalam proses itu terdapat satu peran penting yang dapat dilakukan oleh siapapun yaitu Game Tester. Game tester adalah seorang yang ditugaskan untuk menguji game sebelum versi final tersebut diluncurkan. Tugas pokoknya adalah mencari-cari masalah (bug), untuk melakukannya Game Tester harus menggunakan pendekatan berbeda dan menguji game dengan berbagai cara. Pekerjaan ini membutuhkan kesabaran karena seorang Game Tester harus tahan bermain selama yang dibutuhkan karena harus mencoba semua level game yang bersangkutan serta selalu inovatif dengan menjajal sebanyak mungkin kombinasi yang berbeda. Jika ada masalah pada aspek manapun dari game adalah tanggung jawab Game Tester untuk menemukannya.

Kunjungan di Gameloft Indonesia

Selain berkunjung ke Gameloft Indonesia, HMP TF juga berkesempatan mengunjungi Technophoria yang ada di Jl. Perumnas 83, Seturan. Disini HMP TF banyak mendapat kiat-kiat khusus bagaimana menjadi seorang wirausaha dibidang teknologi informasi. Selain itu kunjungan ke Technophoria menambah wawasan, pengetahuan, dan pemahaman tentang dunia kerja dibidang teknologi informasi.

Kunjungan di Technophoria

Diharapkan dengan adanya kunjungan kerja ini Mahasiswa yang mengikuti kunjugan kerja mampu mengidentifikasi secara langsung penerapan Teknologi Informasi pada perusahaan-perusahaan tersebut dan memiliki pandangan kedepannya tentang penerapan Teknologi Informasi di dalam dunia kerja. Selain itu dapat dijadikan pandangan untuk mencari sebuah lapangan pekerjaan. Dalam sudut pandang yang lain, kunjungan kerja ini juga bertujuan untuk memperkenalkan mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto Yogyakarta dalam dunia Teknologi Informasi yang sebenarnya.

1 komentar: